Rabu, 13 November 2013

Mengenal Bursan Saham

Saham merupakan satu dari sekian banyak pilihan investasi. Semakin diminati oleh semua kalangan, bahkan telah merambah mahasiswi sampai ibu ibu rumah tangga. Sosialisasi serta akses yang semakin mudah, menjadi sarana bagi siapa saja untuk bisa turut main saham dimana saja.
Diatur teratur, aman dan efisien menjadikan saham, dengan pengkodean indeks saham sendiri. Misalnya beberapa bursa saham yang cukup awam terdengar oleh telinga kita, indeks Nikkei Jepang, Hang Seng Hongkong, Kospi Korea dan indeks Dow Jones Amerika.
Intinya bursa saham mencerminkan kemajuan perekonomian suatu negara. Bursa berperan sebagai media mempertemukan berbagai pihak yang saling membutuhkan antara perusahaan, investor, dan negara. Perusahaan, berkomitmen membagi sebagian porsi saham yang dimilikinya kepada publik, dengan kompensasi mendapatkan dana segar guna mendukung operasionalisasi dan pengembangan perusahaannya. Dengan demikian pemerataan pendapatan masyarakat semakin meningkat seiring pula dengan semakin baiknya perekonomian suatu negara.
Seperti mall yang menyediakan banyak produk pilihan, lebih 400 saham diperdagangkan setiap hari di Bursa Efek Indonesia (BEI), meski tidak semuanya aktif. Dengan nilai transaksi perdagangan rata-rata mencapai tiga hingga lima triliun rupiah. Terus tumbuh dan semakin bergairah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai emerging market yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi dan industrialisasi yang cukup cepat, bursa saham Indonesia sangat menarik bagi masuknya investasi asing. Sejauh ini, sekitar 60 persen transaksi perdagangan BEI masih dimotori secara aktif oleh investor asing. Sehingga baik langsung atau tidak langsung, bursa saham Indonesia terkoneksi dengan bursa saham dunia lainnya.

DIPOSTING : Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar