Senin, 18 November 2013

Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadapperubahan Harga Saham (Return) Sebelumdan Sesudah Ex –Dividend Date Di Bursa Efek Jakarta (BEJ)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengumumanex-dividend date di Bursa Efek Jakarta, dengan mengambil sampel 14saham. Sampel dibagi menjadi dua, yaitu dividen naik dan dividen turun.Periode penelitian selama 120 hari yang dibagi menjadi dua periode yaituperiode estimasi selama 90 hari dan periode peristiwa selama 30 haritermasuk 15 hari sebelum dan sesudah event.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  event study yangakan mengamati pergerakan harga saham di pasar modal. Untuk menguji adanya reaksi harga dilakukan tes abnormal return selama periode peristiwa dengan analisis perhitungan berdasarkan konsep model-modelkeseimbangan yaitu  Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan dengan melakukan pengujian  abnormal return terhadap dividen naik dan dividen turun pada saat ex-dividend date.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 10% ada 2 hari kerja yang masih menghasilkan abnormal return yang signifikan pada dividen naik, yaitu hari ke 4 sebelum  event date sebesar -0,001102 atau sekitar 0,1% dan pada hari ke 5 setelah  event date sebesar -0,032184 atau sekitar 3%.  Sedangkan pada dividen turun menunjukkan bahwa ada 3 hari bursa yang masih memberikan  abnormal return yang signifikan, yaitu pada hari ke 13 dan pada hari ke 2 sebelum  event datesebesar 0,028263 atau sekitar 2% dan 0,0166274 atau sekitar 1%, sertapada hari ke 5 setelah event date sebesar 0,029105 atau sekitar 3%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa harga saham bereaksi negative terhadap informasi pengumuman dividen naik pada saat  ex-dividen date, dan bereaksi positif terhadap informasi pengumuman dividen turun pada saat ex-dividend date.


READ MORE : C H E C K DISINI

0 komentar:

Posting Komentar