Jumat, 22 November 2013

Apa Itu Investasi


Beda Profesi, Beda pula pemahaman akan investasi
Kata Investasi ini bukanlah sesuatu yang asing, semua orang mungkin pernah mendengar kata ini. Dominan orang mereasa mengerti apa itu investasi. Tapi, Cobalah Anda bertanya kepada sepuluh orang tentang kata ini, maka Anda akan terkejut dengan jawaban-jawaban mereka. Masing-masing orang akan memberika jawaban dengan pemahaman yang beragam tentang kata yang bernaman investasi ini.
Pengertian Investasi Menurut berbagai Profesi
  • Seorang ibu rumah tangga mungkin berkata begini : “saya akan sekolahkan anak-anak saya ke sekolah unggukan. Saya akan kuliahkan anak-anak saya ke perguruan tinggi negeri. Investasi pendidikan penting buat masa denpan anak-anak saya.”
  • Seorang kepala keluarga mungkin berkata : “saya ingin membeli sebidang tanah didaerah kampong halaman saya. Itu bagus untuk investasi masa tua keluarga saya.”
  • Seorang akademisi mungkin berkata : “saya berinvestasi dengan pendidikan. Saya akan melanjutkan kuliah S2 saya keluar negeri.”
  • Seorang pengusaha mungkin berkata : “saya sudah investasikan banyak uang saya dalam bisnis property.”
  • Seorang pendagang emas mungkin berkata : “sebaiknya anda berinvestasi dengan membeli emas, sehingga anda terhindar dari gejolak nilai tukar rupiah”

Pengertian Investasi
Sebenarnya apa yang iuraikan diatas bisa dikatakan benar dalam konteks kehidaupan sehari-hari. Dengan menarik kesimpulan diatas makan kita dapatkan pemahaman seperti ini :





Invetasi adalah melakukan sesuatu (dalam konteks seluas-luasnya) di waktu saar ini dengan harapan untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dimasa yang akan datang”


Jenis Investasi
Untuk memudahkan pemahaman, Investasi dapat dikelompokan dalam kategori berikut :
  1. Investasi disektor keungan. Ini bisa berupa investasi saham, obligasi, deposito, mata uang asing dan reksadana
  2. Investasi disektor property. Ini bisa beruppa sebidang tanah kosong, rumah, ruko kos-kosan, villa, hotel. Kunci dari investasi disektor ini adalah disamping harganya yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun, juga bisa mendapatkan uang sewa.
  3. Investasi dalam pendidikan. Ini adalah investasi untuk meningkatkan kemampuan akademis dan kemampuan praktis individu.
  4. Investasi dalam jaringan. Ini adalah investasi dengan meningkatkan jumlah sahabat, teman, kenala dan relasi bisnis. Sejak internet mulai mucul membuat investasi ini meningkat dengan pesat.
Mungkin masih ada jenis investasi disektor lain. Paling tidak anda sudah mendapatkan gambaran tentang apa itu investasi 

sumber : sahamku.com

0 komentar:

Posting Komentar