Rabu, 13 November 2013

Memahami Dunia Saham

Bursa saham atau pasar modal, yang dalam istlah lain disebut ‘capital market’ tidaklah sulit untuk dipahami oleh siapa pun, termasuk Anda.

Bagi mereka yang benar-benar baru mengenal dunia saham, janganlah berkecil hati dan langsung  menganggap bahwa dunia saham hanya bisa dipahami dan dimainkan oleh mereka yang berpendidikan tinggi saja.
Tak ada standar pendidikan tertentu untuk memasuki dunia saham. hanya saja Anda memang perlu memahami benar apa yang hendak Anda mainkan. Terlebih, ini berkaitan dengan aset yang Anda miliki. Seperti halnya seorang petani padi yang bertahun-tahun berladang dan bersawah, tentu harus mempelajari dari awal lagi ketika ia memutuskan untuk menanam jagung. Namun si petani pasti tidak akan merasa terlalu sulit untuk mempelajari tentang segala hal yang menyangkut jagung. kenapa? Karena bagi dia, jagung ataupun padi, adalah sama-sama tanaman dan sudah selayaknyalah seorang petani memang mengenal dan memahami sebanyak mungkin pola tanam berbagai jenis komoditi.
Seperti itulah juga dalam bermain saham. Bila Anda melihat ini seperti halnya membuka usaha baru dari sederet usaha yang pernah Anda geluti, tentu Anda takkan apriori dulu dan langsung menjaga jarak dari pilihan ini sebelum Anda benar-benar mendapatkan informasi yang betul-betul akurat.
sebelum Anda mencari tahu lebih dalam tentang teknik, tips dan trik bertransaksi, atau ‘trading’ ada baiknya Anda mengenal dulu beberapa hal berikut.
SAHAM
Sederhananya saham adalah surat berharga yang sering disebut efek yang dapat diperjual belikan baik oleh perorangan atau lembaga di tempat surat berharga tersebut diperdagangkan yang lazim di sebut bursa saham atau busa efek. Saham juga merupakan tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas
BURSA SAHAM
Bursa Saham atau capital market adalah tempat di mana perusahaan baik yang milik pemerintah atau swasta menawarkan sahamnya untuk dijual guna mendapatkan tambahan modal jangka panjang dalam pengembangan perusahaan.
HARGA SAHAM
Harga saham dari tiap-tiap perusahaan berbeda-beda. Harga ini biasanya ditetapkan berdasarkan pendapatan perusahaan dan prospek keuntungan atau kemajuan perusahaan ke depan. Sebuah perusahaan yang memiliki keuntungan besar setiap tahunnya dan berprospek untuk terus maju tentu akan memiliki harga saham lebih mahal dari saham perusahaan lain yang lebih kecil profitnya dan peluang berkembangnya.
GEJOLAK HARGA SAHAM
Gejolak harga saham dipengaruhi oleh faktor makro dan faktor mikro. Fakror makro adalah faktor umum yang mempengaruhi ekonomi secara keseluruhan seperti tingkat suku bunga, inflasi, politik, dan hal-lainnya yang mewarnai iklim perekonomian. Sedangkan faktor mikro adalah faktor yang bersumber dari perusahaan yang memasarkan sahamnya itu sendiri. Seperti perubahan manajemen, kelancaran produksi, ketersediaan bahan baku, produktivitas pekerja, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi kinerja keuntungan perusahaan tersebut secara individual
INDEX SAHAM
Indeks saham adalah harga atau nilai dari sekelompok saham yang dikumpukan berdasarkan kategori tertentu. Indeks ini merupakan indikator pergerakan harga dari seluruh saham yang diwakilinya. Misalnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mewakili seluruh pergerakan harga saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia atau Jakarta Industrial Classification (JASICA) yang mewakili pergerakan harga dari sektor industri tertentu.


Sampai di sini, Anda tentu mulai setuju  bahwa memahami dunia bursa saham itu tidaklah susah. Ayo, kita semua bisa!

DIPOSTING : C H E C K DISINI

0 komentar:

Posting Komentar